Animasi dengan Augmented Reality (AR) By Unity


Kali ini saya akan mengaplikasikan sebuah animasi yang berhubungnan dengan Augmented Reality AR yang di mana animasi ini berhubungan dengan salah satu mata plejaran Fisika atau di golongkan ke dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berikut artikelnya tentang yang tersebut di atas :

Hukum III Newton

Gaya normal
Ketika balok jatuh telah sampai kelantai gaya gravitasi tetap bekerja walaupun benda sudah berhenti. Sesuai hokum III newton, gaya aksi (Gaya Berat) yang di kerjakan benda pada pada lantai akan menimbulkan gaya reaksi dari lantai pada benda gaya ini di sebut Gaya Normal.
Arah gaya normal selalu tegak lurus dengan permukaan sentuh.

Aksi = _Reaksi




Ada beberapa Gaya normal pada benda berdasarkanposisi benda

Dengan materi yang ada mari kita kembangkan dengan adanya Augmented Reality, yakni sebuah aplikasi yang dapat menganimasikan sebuah artikel dengan tampilan visual dan konsep.
Nah, sekarang kita lihat langkah-langkah dalam pembuatan animasi visual dengan Augmented Reality.

Pertama-tama kita persiapkan obejk yang kita ingin animasikan tersebut. Dalam hal ini saya menggunakan aplikasi 3D yaitu Blender Versi 2.69 sebagai berikut :


pilih file - export - auto desk FBX , tersebut pilih lagi file - external data - unpack all into files bila ada tanda centang pada automaticaly pack into .blend hilangkan dulu tanda centangnya.Dan masuk lagi pada file seperti tadi pilih use file in curent directory bila sudah kita cek di folder yang sudah kita siapkan tadi untuk melihat .fbx


Kemudian buka aplikasi Unitynya, kurang lebih semacam ini :


lalu tunggu prosesnya



lalu masukan file fbxnya





 Dan ini adalah gambar makernya


Nah untuk melihat bagaimana animasi gerak noraml pada hukum newton II silahkan di klik pada link ini https://youtu.be/-4gbsD6ElQs
Terimah kasih...

Komentar

Postingan Populer