Kecakapan antar personal #Modul 6#
Manajemen Diri adalah upaya individu untuk melakukan kontrol atas
pengambilan keputusan dan perilaku dengan menilai masalah dan mengembangkan
tujuan dan strategi tertentu untuk struktur lingkungannya untuk mengatasi
masalah tersebut.
Manajemen Diri yang efektif memerlukan kesadaran respon kita secara
emosional dan relasional, atau tingkat kecerdasan emosional yang kuat biasanya
disebut sebagai EQ yaitu:
• Kesadaran Diri -- kesadaran emosi, penilaian diri yang akurat, percaya
diri, kemampuan untuk mengenali emosi dan pengaruhnya terhadap Anda dan orang
lain.
• Regulasi Diri -- kontrol diri, kepercayaan, kesadaran, kemampuan
adaptasi, inovasi, kemampuan untuk mengelola emosi yang mengganggu dan
dorongan.
• Motivasi -- semangat, dorongan berprestasi, komitmen, inisiatif, optimisme, dan
kemampuan untuk tetap gigih dalam menghadapi kesulitan.
• Empati -
memahami orang lain, orientasi pelayanan, mengembangkan orang lain,
memanfaatkan keragaman, kesadaran politik, kemampuan untuk membaca dan
menanggapi perasaan orang lain.
• Keterampilan Sosial - berinteraksi dengan lancar, mengelola hubungan
interpersonal, menangani respon emosional kepada orang lain, pengaruh,
komunikasi, kemampuan untuk membangun ikatan dengan orang lain.
MANFAAT MANAJEMEN DIRI
Orang yang berhasil menerapkan EQ
menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dan mendapatkan hasil untuk diri
sendiri dan orang lain, dan dapat mengembangkan pertumbuhan jaringan dari
hubungan sosial yang sehat dan struktur dukungan emosional.
• Memahami tingkat kecerdasan emosional sangat penting bagi
kesadaran diri yang berfungsi pada situasi ketika berhadapan dengan orang lain,
Anda dapat mengembangkan tujuan-tujuan baru, perilaku, dan sikap terhadap diri
sendiri serta orang lain.
• Berupaya meningkatkan kecerdasan emosional dapat membantu
Anda dapat menjadi seorang manajer yang lebih baik serta orang yang lebih baik.
MENINGKATKAN KINERJA DI TEMPAT KERJA
Meningkatkan kecerdasan emosi memungkinkan manajer untuk
menjadi pemimpin dengan keterampilan sosial yang dapat mempengaruhi orang lain
secara positif. Beberapa dampak utama dari EQ dalam kepemimpinan meliputi
• Mengurangi Depresi, Optimisme Yang Lebih Besar, dan
Mengurangi Impulsif.
Perilaku
ini membantu manajer mengatasi situasi sulit, meningkatkan dalam pengambilan
keputusan, dan pengaruh positif terhadap sikap kerja karyawan.
• Meningkatkan Kepedulian Terhadap Penguasaan Keterampilan
dan Tugas.
Pemimpin
berhati nurani berjuang untuk perbaikan pribadi dan memfasilitasi dan
mengembangkan kemampuan orang lain, memastikan bahwa orang ditantang untuk
mengembangkan solusi sendiri untuk tantangan dan bahwa mereka didukung dalam
melakukannya.
• Peningkatan Pendampingan untuk Adaptasi dan Perubahan.
Kecerdasan
emosional memungkinkan para pemimpin untuk mendapatkan kekuasaan dan menjadi
katalis untuk perubahan.
• Meningkatkan Pengaruh Positif Pada Tim.
Orang
cerdas secara emosional menggunakan keterampilan sosial dan bisa memoderasi
perilaku mereka dan mempengaruhi orang lain untuk berkolaborasi, membangun
ikatan, dan berkomunikasi pada usaha berbasis tim.
• Pengembangan Kepemimpinan Transformasional.
Pemimpin
yang memiliki rasa yang kuat dari keyakinan diri dan kuat dalam keyakinan
mereka mampu memberikan visi dan mendorong pengembangan dan motivasi pada orang
lain.
STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN EQ yaitu:
- Berlaku Jujur
(Be Candid)
Menilai
diri sendiri secara realistis. Pikirkan situasi ketika Anda berada pada saat
terbaik Anda dan terburuk Anda. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengakui
kelemahan Anda dan mengerjakannya? Bagaimana Anda menempatkan diri Anda dalam
kegiatan yang untuk mendorong dan membantu Kekuatan Anda.
- Meminta
Tanggapan (Ask for Feedback)
Pada
akhir dari proyek kelas atau pekerjaan, minta teman sekelas, rekan, atau atasan
agar Anda tahu apa yang Anda lakukan sudah baik, dan apa yang perlu diperbaiki.
- Percaya Diri
(Be Self-Confident)
Mengenal
kemampuan Anda. Luwes tapi jangan berlebihan dalam mengambil tugas-tugas yang
Anda kurang memiliki keterampilan yang diperlukan.
- Jangan
Bereaksi Berlebihan Ketika Sesuatu Tidak Berjalan Dengan Cara Anda. (Don’t Overreact When Things Don’t Go Your Way)
Secara
obyektif melihat situasi, mengumpulkan fakta, dan menentukan secara rasional
cara terbaik untuk mendekati situasi atau menyajikan solusi.
- Luangkan Waktu
Untuk Memilih Tindakan Yang Tepat.
Tidak
bereaksi secara impulsif.
- Menerima dan
Mengembangkan Keterampilan dalam menghadapi KetidakJelasan dan Perubahan
(Accept and Develop Skill in Coping with Ambiguity and Change)
Ini
adalah keunggulan dari organisasi yang paling berhasil dan manajer hari ini.
- Termotivasi
Oleh Keinginan Internal Yang Kuat Untuk Mencapai Prestasi, Tidak (Hanya)
Untuk Keberhasilan Materi (Be Motivated by A Strong Internal Desire to
Achieve for The Sake of Achievement, Not (Just) for Material Success)
- Menelusuri
Kemajuan Anda (Track Your Progress)
Selalu
waspada terhadap hasil yang Anda capai, jangan hanya fokus pada tugas itu
sendiri.
- Pertimbangkan
Lainnya di Semua Keputusan Anda (Consider Others in All of Your Decision)
"Tidak
seorang pun merupakan sebuah pulau". Memahami orang lain dan mengambil
kebutuhan mereka dipertimbangkan saat Anda membuat keputusan.
- Luangkan Waktu
Untuk Orang Lain (Take Time For People)
Beberapa
manajer terbaik dikenal untuk "berkeliling" secara teratur. Luangkan
waktu dari studi atau bekerja untuk mengembangkan hubungan dengan teman sekelas
atau kolega.
Komentar
Posting Komentar